teknologi informasi dan komunikasi

Nama : Cahya Putri Arum Fastaqima
No.Absen : 06
Kelas : 8a
Mapel : TIK

 Hasil kesimpulan buku Informatika bab 3 halaman 51-63
A. Perangkat lunak aplikasi
   Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (disingkat aplikasi) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri (Oxford English Dictionary). Aplikasi biasanya digunakan oleh pengguna yang biasanya disebut end-user. 
   Pengguna aplikasi itu harus mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan aplikasi. Demikian juga halnya ketika menggunakan aplikasi seperti aplikasi perkantoran yang terdiri atas pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan pengolah presentasi. Saat akan menggunakan aplikasi tersebut, kita harus menyertainya dengan proses berpikir untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu agar dapat mempergunakan aplikasi perkantoran secara efisien, kita perlu memahami objek utama yang dikelola dan elemen-elemennya, layanan yang disediakan bagi pengguna dan antarmuka dengan pengguna.
  1. Objek aplikasi
     a. Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang terutama terdiri atas teks yang berada dalam halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dll.
     b. Aplikasi pengelolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang didalamnya dapat berisi angka, teks, formula (rumus), dll.

  Aplikasi presentasi digunakan untuk mengelola sekumpulan slides untuk mempresentasikan sesuatu kepada orang lain, yang utamanya berisi teks dan gambar, dll.
  Setiap komponen atau elemen dari objek utama aplikasi akan memiliki istilah tersendiri. Objek aplikasi akan disusun secara terstruktur dan memiliki hubungan satu sama lain. Setiap objek akan memiliki ciri, dan ciri itu dapat diubah oleh penggunanya.
  Objek atau potongan objek dari sebuah aplikasi dapat dipindahkan dari satu tempat/posisi dalam aplikasi tersebut ke posisi lain aplikasi itu sendiri, atau bisa juga dipindahkan ke aplikasi lain. Untuk melakukannya, dapat digunakan operasi-operasi penting seperti potong/salin/letakkan (cut/copy/paste). 
  Pemindahan objek atau potongan objek tersebut dapat terjadi karena ada fitur "buffer", yaitu suatu tempat penyimpanan khusus yang formatnya dikenal oleh aplikasi-aplikasi tersebut.
  Objek utama aplikasi diolah sementara pada jendela aplikasi yang terbuka. Dengan demikian, jendela aplikasi itu adalah area kerja untuk mengolah objek aplikasi selama jendela masih terbuka, dan dapat disimpan atau save sewaktu-waktu ke media penyimpanan yang tahan lama atau persistent untuk diakses kembali.
  Objek tersebut akan hilang saat pengguna keluar dari aplikasi dan akan dapat dibaca kembali setelah membukanya dari media penyimpanan. Supaya tidak hilang saat aplikasi ditutup atau pengguna keluar dari aplikasi objek utama aplikasi disimpan sebagai file dengan ekstensi tertentu seperti berikut :
 a. File hasil penyimpan objek utama pada aplikasi pengolah kata disimpan dalam format .doc, .docx. .rtf, .odt, atau format lainnya.
 b. File hasil menyimpan objek utama pada aplikasi pengolah lembar kerja disimpan dalam format .xls, .xlsx, .ods, .csv atau format lainnya.
 c. File hasil menyimpan objek utama pada aplikasi pengolah bahan presentasi atau slide disimpan dalam format .ppt, .pptx, .odp atau format lainnya.
   
    Terdapat juga beberapa format file lainnya yang merupakan objek utama aplikasi yang lain seperti contoh berikut ini :
 a. File gambar dengan representasi data berupa bitmap yang disimpan dalam format .png, .bmp, .jpeg.
 b. File gambar dengan representasi data berupa vektor yang disimpan dalam format .svg.
 c. File PDF adalah file dalam format yang portable dan dapat diproses oleh aplikasi apapun.
   Setiap format file mempunyai representasi tertentu, sebuah format dapat disimpan menjadi format yang lainnya dengan memanfaatkan pengubah format atau converter.

  2. Fitur aplikasi
   Aplikasi dibuat untuk memberikan layanan bagi pengguna layanan ini biasanya disebut fitur. Aplikasi walaupun sebetulnya fitur berasal dari kata bahasa Inggris yaitu "feature" yang artinya ciri. Dapat dikatakan bahwa layanan merupakan ciri utama dari aplikasi.
   Layanan yang disediakan aplikasi berupa layanan untuk: objek utama karena terkait file, layanan open, save, save as, close, print pasti tersedia.
 a. Antarmuka aplikasi
   Aplikasi yang dipakai sebagai besar pengguna saat ini termasuk aplikasi perkantoran adalah aplikasi yang berbasis GUI (graphicle user interface).
 b. Fitur cut , copy dan paste
   Perintah cut atau potong, copy atau salin, dan paste atau tempel, pada aplikasi komputer saat ini di inspirasi dari praktik tradisional dalam pengeditan naskah yang diketik pada sebuah kertas. Di mana orang memotong atau mengikat paragraf dari halaman dengan gunting dan menempelkannya ke halaman lain atau paste.
   Jika pada awalnya penggunaan cut, copy, and paste memanfaatkan gunting, pada aplikasi komputer perintah cut memindahkan teks atau objek lain ke dalam clipboard atau buffer yang berupa tempat penyimpanan. Sementara perintah paste akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan perintah copy akan menyalin teks atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.

 c. Screenshot and snipping tools
   Selain melakukan salin atau tempel untuk memindahkan konten aplikasi ke lokasi lain, di aplikasi itu sendiri atau memindahkan ke jendela aplikasi lain seringkali kita membutuhkan informasi yang tertera di layar saat itu hal ini sering disebut melakukan screenshot atau menangkap layar. Kita dapat melakukan paste pada jendela yang sedang aktif dan mendapatkan gambar layar saat itu. Jika kita hanya menghendaki sebagian gambar kita dapat melakukan pemotongan dengan menggunakan fitur crop pada aplikasi atau dengan menggunakan aplikasi lain dengan sistem operasi Windows misalnya paint.
3. Studi kasus: analisis objek dan fitur aplikasi pengolah kata analisis atau bedah aplikasi pengolah kata
  Pada mulanya aplikasi pengolah kata hanya dapat mengolah huruf yang membentuk sebuah teks. Satuan dari teks dipisahkan oleh karakter yang tidak kelihatan seperti spasi, enter atau turun baris. Dalam perkembangannya aplikasi pengolah kata dapat mengolah objek lain yaitu tabel dan shape atau gambar geometris.
  Yang dimaksud dengan objek adalah suatu konsep pada aplikasi yang dapat berupa benda kelihatan dan tidak kelihatan. Setiap halaman bisa memiliki satu atau lebih paragraf, paragraf dapat memiliki banyak baris kata, baris kata bisa memiliki satu atau banyak kata dan satu kata terdiri atas banyak karakter. Aplikasi pengolah kata juga memiliki objek lain seperti tabel dengan ciri dan bentuk geometri.

Postingan populer dari blog ini

sistem komputer

jaringan komputer dan internet