jaringan komputer dan internet

Nama : Cahya Putri Arum Fastaqima
No.absen : 06
Kelas : 8a
Mapel : TIK

BAB 5
Arsepsi
Jaringan komputer dan internet memiliki peranan yang sangat penting dalam penggunaan komputer dan Ponsel pintar atau smartphone saat ini. Melalui jaringan komputer, kita dapat melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain. Misalnya, kita dapat mengirim email, pesan singkat melalui media sosial dan lainnya. Dengan jaringan komputer dan internet, kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apapun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan.

a. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung antara satu sama lain dan digunakan untuk berbagai data titik jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software. Setiap perangkat yang terhubung pada jaringan komputer akan memiliki identitas unik untuk membedakan perangkat yang disebut alamat IP titik berdasarkan pada Jangkauan areanya jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara.

 1. Jaringan Lokal
Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam wilayah terbatas seperti rumah, sekolah, kampus, Universitas atau gedung kantor. Untuk mengakses perangkat pada jaringan lokal, perangkat yang kita miliki harus terhubung terlebih dahulu dengan jaringan lokal tersebut. Jaringan lokal ini disebut juga dengan jaringan LAN atau local area network.
  2. Jaringan Internet
Internet merupakan singkatan dari internet work, merupakan jaringan antar jaringan komputer yang memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan dengan jaringan lokal. Jaringan internet dapat mencakup area sebuah negara atau bahkan dapat menghubungkan perangkat-perangkat di seluruh dunia titik pengertian internet itu sendiri mungkin dapat kita rumuskan sebagai merupakan suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu Media elektronik dan media yang lainnya atau sekumpulan dari beberapa komputer atau ponsel yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya.
Untuk dapat menggunakan internet secara langsung biasanya kalian membutuhkan layanan internet. Layanan internet meliputi komunikasi langsung atau email dan chat diskusi atau email, milis, sumber daya informasi yang terdistribusi atau word Wide Web dan gopher, remote login dan lalu lintas File atau telnet dan ftp dan aneka layanan lainnya.

  3. Konfigurasi Jaringan Komputer
Ada dua komponen utama dalam sebuah jaringan komputer yaitu Node dan Link. 

-Node ; adalah titik atau perangkat yang dapat menghasilkan input data atau menerima data atau juga kedua-duanya dalam sebuah jaringan. Contoh node pada jaringan ialah perangkat komputer, HP, switch, router dan lain sebagainya.
- Link ; adalah jalur transmisi data atau informasi antar node. Link ini berupa hubungan antara node yang satu dengan node yang lainnya dalam sebuah jaringan. Istilah link kadang juga disebut sebagai Edge. Oleh sebab itu, perangkat-perangkat yang saling terhubung melalui jaringan komputer dapat digambarkan secara abstrak sebagai hubungan antara node dan Edge.

Postingan populer dari blog ini

sistem komputer