sistem komputer

Nama : Cahya Putri Arum Fastaqima
No.Absen : 06
Kelas : 8a

                                     BAB 4 
                        SISTEM KOMPUTER
• PETA KONSEP
• APERSEPSI
Saat ini, komputer atau ponsel pintar telah banyak digunakan untuk membantu dalam pengolahan data. Hal itu dapat terjadi karena sistem komputer mampu mengolah data dalam sebuah mekanisme tertentu, kemudian data tersebut disimpan dan ditampilkan.

I. Komponen Sistem Komputer
     Sebuah sistem komputer terdiri atas tiga komponen, yakni perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software, dan pengguna atau brainware. Sistem komputer dapat dianalogikan dengan sistem pencernaan manusia. Ketika lapar manusia akan makan makanan yang tersedia, hal ini bisa di analogikan sebagai masukan data bagi komputer. Ketika ada data yang sudah masuk pada sebuah komputer, langkah selanjutnya akan diproses di alat pemrosesan, ketika data telah selesai diproses selanjutnya disimpan di alat penyimpanan kemudian disimpan. Hasilnya berupa informasi dapat dikeluarkan menuju ke alat keluaran, alur ini ditujukan pada gambar 4.2.
 
I.I. PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
       Perangkat keras merupakan peralatan fisik dari sebuah komputer yang dapat disentuh dan dipindahkan. Perangkat keras terdiri dari 4 bagian, yaitu perangkat bagian masukan atau input, perangkat bagian keluaran atau output, perangkat bagian pemrosesan atau processing, dan perangkat bagian penyimpanan atau storage.
       Contoh yang populer dari perangkat bagian masukan ialah tetikus atau mouse dan papan ketik atau keyboard. Adapun untuk perangkat keluaran contoh yang umum ialah monitor speaker dan printer. 
          contoh lainnya ialah antena pada ponsel pintar yang mungkin jarang kita sadari seperti yang ditunjukkan pada gambar 4.4. antena tersebut menghasilkan keluaran berupa gelombang radio yang dapat diterima oleh BTS atau Best Transceiver Station dari provider telekomunikasi. Jika kalian melihat robot yang dapat bergerak aktuator lengan atau arm actuator, yang ada pada robot tersebut juga dapat berlaku sebagai alat keluaran yakni penghasil gerakan mekanis. Bagian utama dari perangkat pemrosesan ialah prosesor yang berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer. Prosesor terdiri atas tiga bagian berikut :
     1. Unit control : merupakan bagian processor yang bertugas untuk mengendalikan perangkat yang terpasang pada komputer, dari alat input output, dan penyimpanan.
     2. Unit aritmatika dan logika : merupakan bagian processor yang dapat mengolah data aritmatika dan data logika.
     3. Register : merupakan sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses.
          ketika kalian bermain game yang meminta kalian menggerakkan karakter atau objek di layar dengan mouse atau ketukan papan kunci komponen dalam alat pemrosesan inilah yang dapat memproses gerakan mouse dan ketukan jari pada keyboard yang kalian lakukan agar permainan dapat berjalan. 
          Contoh lain ialah ketika kalian suka mendengarkan musik melalui aplikasi di ponsel, alat pemrosesan ini yang akan membaca daftar lagu atau playlist yang sudah disusun, lalu mengirimkan sinyal suara ke earphone atau headset sehingga kalian dapat mendengarkan musiknya. Komponen alat pemrosesan ini juga yang dapat mampu memproses gerakan switch jari kalian ketika membuka aplikasi sosial media, hingga melakukan unggahan foto ke teman-teman atau follower kalian. Contoh komponen komputer yang lainnya ialah power supply baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semi-conductor), hard disk, dan lain sebagainya.
       Untuk menyimpan salinan isi flash disk atau hardisk agar kalau rusak data yang penting di dalamnya tetap selamat kita bisa mencoba penyimpanan awan atau cloud computing. Hasilnya akan disimpan di media penyimpanan awan secara otomatis, seperti Google Drive, one drive, Dropbox, dan lain sebagainya. 
   
  I.II. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
          Software terdiri atas tiga kategori yaitu sistem operasi perangkat lunak aplikasi, dan perangkat lunak pemrograman. Software berisi perintah atau instruksi untuk menjalankan komputer. Tanpa adanya software komputer tidak dapat difungsikan titik operasi merupakan salah satu perangkat lunak sistem yang paling penting. Pada bagian ini perangkat lunak sistem yang dibahas hanya sistem operasi.
  a. Sistem operasi
        Sistem operasi merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain berinteraksi dengan perangkat keras. Contoh umum dari software sistem operasi adalah PC antara lain Windows, Linux atau this operating system, unit, Solaris, macOS, sedangkan untuk ponsel antara lain Android, iOS. Sistem operasi berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya atau resource yang dimiliki hardware dan software komputer manajemen proses, dan mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program. Cara kerja sistem operasi setelah pengguna memberikan perintah untuk menjalankan sebuah program adalah :
   1- atau bisa juga instruksi dari program tersebut ke memori.
   2- kemudian setelah program dijalankan, maka program tersebut akan meminta sistem operasi untuk menyalin data yang diperlakukan dari disk menuju memori.
   3- lalu sistem operasi akan menjalankan kontrol terhadap program tersebut, dan melanjutkan ke proses sistem komputasi yang diinginkan pengguna.
   4- ketika proses sistem komputasi sudah selesai maka hasilnya dapat disajikan di alat keluaran, seperti monitor.

II. PERANGKAT LUNAK APLIKASI
     Perangkat lunak aplikasi, atau biasa disingkat menjadi aplikasi, merupakan perangkat lunak yang dijalankan pada sistem operasi. Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Berbagai contoh program aplikasi diantaranya seperti berikut :
   -pengolah kata atau word processor : notepad, word Star, Microsoft word word perfect, ami pro dan sebagainya.
   - pengolah lembar kerja atau spreadsheet : Lotus123, Microsoft Excel, open office calc dan sebagainya.
   - pengolah basis data atau database seperti Microsoft Excel, dbase, mySQL, SQL server dan sebagainya
   - presentasi seperti Microsoft powerpoint, libreOffice impress dan sebagainya.
  - peramban internet dan aplikasi pesan seperti Microsoft Excel Google chrome Opera mini, WhatsApp, zoom, Google meet, telegram dan sebagainya.
   - desain grafis seperti CorelDRAW, Photoshop, tanpa, pixlr, PicsArt dan sebagainya.

III. PERANGKAT LUNAK PEMROGRAMAN
        Jika perangkat lunak aplikasi dirancang untuk pengguna, dan sistem operasi dirancang untuk komputer atau perangkat seluler perangkat lunak pemrograman ditujukan untuk programmer dan pengembang komputer yang menulis kode sumber. Perangkat lunak pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan program perangkat lunak lainnya contoh perangkat lunak pemrograman adalah C++, visual basic, s cratch, python, pascal dan sebagainya.

Postingan populer dari blog ini

sistem bilangan dan konversi bilangan